Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Sangat Dianjurkan dalam Islam

Majalahbisnismuslim.com - Bisnis Sangat Dianjurkan dalam Islam. Banyak ayat dalam Al-Quran dan hadits Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam yang menganjurkan umat Islam untuk berbisnis. Apapun bentuk bisnisnya. Bisnis secara umum. Baik bisnis jual beli barang, bisnis jasa. Yang dalam istilah Al-Quran disebut dengan "Tijarah".

Islam mengajarkan bisnis


Salah satu ayat yang akrab di dengar oleh telinga kita adalah Al-Quran surat al-Jumu'ah ayat 10.


فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَٱبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ 


"Faidzaa qudhiyatis sholaatu fantasyiruu fil ardhi wabtaghuu min fadhlillaahi wadzkuruuallaaha katsiiral la'allakum tuflihuun"


Artinya: 

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kalian di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kalian beruntung." (Q.S. Al-Jumu'ah/62: 10)


Allah menamakan rizki dengan "fadhlullaah" (karunia Allah Subhanahu wa Ta'ala)


Imam Al-Baghawi dalam tafsirnya menjelaskan: "Bilamana shalat selesai ditunaikan maka betebaranlah kalian untuk berdagang dan untuk menyelesaikan berbagai macam urusan kalian."


Dalam ayat yang lain, di akhir surat al-Muzammil, Allah Subhanahu wa Ta'ala bahkan merangkai bisnis atau usaha untuk mencari rizki ini dengan ibadah yang terkenal sebagai puncak ketinggian Islam.

إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِن ثُلُثَىِ ٱلَّيْلِ وَنِصْفَهُۥ وَثُلُثَهُۥ وَطَآئِفَةٌ مِّنَ ٱلَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَٱللَّهُ يُقَدِّرُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَن لَّن تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَٱقْرَءُوا۟ مَا تَيَسَّرَ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ ۚ عَلِمَ أَن سَيَكُونُ مِنكُم مَّرْضَىٰ ۙ وَءَاخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِى ٱلْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ ۙ وَءَاخَرُونَ يُقَٰتِلُونَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۖ فَٱقْرَءُوا۟ مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَقْرِضُوا۟ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَٱسْتَغْفِرُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌۢ 


"Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."


Dalam ayat tersebut Allah Subhanahu wa Ta'ala merangkai Tijarah (dagang/bisnis) usaha untuk mencari nafkah dengan ibadah jihad fisabilillah yang itu merupakan puncak ketinggian Islam.


Dari sini jelaslah bahwanya berusaha (bisnis, dagang) baik menjual barang atau jasa merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan dalam Islam. Wallahu a'lam bis-shawaab.


Disarikan dari ceramah: Ustadz DR. Sofyan Baswedan, Lc, MA

Posting Komentar untuk "Bisnis Sangat Dianjurkan dalam Islam"